2. Alat dan Bahan
[Kembali]
Pada percobaan ini menggunakan sebuah JK flip flop dengan memasukkan inputan berupa power supply ke kaki J dan K. Akibatnya, J dan K berlogika 1 dimana hal ini merupakan syarat dari sebuah T flip flop. B1 dihubungkan ke kaki S dan B0 dihubungkan ke kaki R pada JK flip flop. B2 dihubungkan dengan kaki C1 atau bisa disebut sebagai clock. Selanjutnya, output Q dan Q' dihubungkan ke H7 dan H6 dimana pada H7 dan H6 menggunakan LED sebagai tanda output berlogika 1 (LED menyala) dan 0 (LED mati).
Prinsip kerja T flip flop sendiri yaitu saat T aktif (J dan K berlogika 1) maka outputnya akan mengalami kondisi toggle. Kondisi toggle itu sendiri yaitu suatu kondisi dimana output akan selalu berubah secara berkelanjutan saat clock mengalami perpindahan logika. Namun, saat T tidak aktif (J dan K berlogika 0) maka outputnya tidak akan mengalami perubahan atau hanya berada pada kondisi awal walaupun clock mengalami perpindahan logika. Pada T flip flop ini, Clock aktif saat terjadi Fall time (dari 1 ke 0)
5. Video Rangkaian [Kembali]
1. Apa yang terjadi jika B1 diganti CLK pada kondisi 2?
Jawab :
Pada percobaan 2 kondisi 2, input yang ditentukan adalah B0=CLK, B1=0, B2=1. Jadinya input berubah menjadi B0=CLK, B1=CLK, B2=1. Saat disimulasikan output Q berubah ubah sesuai clock dan Q' tetap. Hal ini terjadi karena saat clock berlogika 1 keduanya maka output menjadi Q=1 dan Q'=1. Dan pada saat clock berlogika 0 keduanya, output memasuki kondisi not change (menyesuaikan dengan keadaan sebelumnya atau keadaan floating). Inputan B2 tidak dapat difungsikan karena CLK flip flop bersifat aktif low.
2. Bandingkan hasil percobaan dengan teori!
Jawab :
Hasil percobaan dengan teori sudah sesuai. Percobaan no 1 hingga no 3 memiliki output Q dan Q' yang sama. Dan untuk no 4 dimana B2=CLK. B1=1, B2=1, output toggle. Setelah dilakukan percobaan, kondisi Q dan Q' berubah ubah sesuai clock. tetapi tidak sama satu sama lain.
3. Apa fungsi masing-masing kaki Flip-Flop yang digunakan?
Jawab :
Pada JK flip flop
- J untuk menerima input
- K sama seperti J
- CLK untuk menerima sinyal clock
- Q untuk menampilkan output
- Q' sebagai output yang ditampilkan
- R sebagai pengendali rangkaian, apabila aktif maka input diabaikan
- S sama seperti R
Pada D flip flop, sebagian sama seperti JK namun yang berbeda hanya inputnya yaitu D sebagai inputan dan CLK untuk menerima sinyal clock





Tidak ada komentar:
Posting Komentar