Percobaan 4
Keypad dan LCD
1. FOTO HARDWARE DAN DIAGRAM BLOK [Kembali]
b. Diagram Blok
2. PROSEDUR PERCOBAAN [Kembali]
- Rangkai semua komponen
- Buat program di aplikasi arduino IDE
- Setelah selesai masukkan program ke arduino
- Jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul
3. RANGKAIAN SIMULASI DAN PRINSIP KERJA [Kembali]
Pada percobaan 4 digunakan juga sebuah arduino sebagai pengontrol sistem, keypad sebagai input dan LCD untuk menampilkan output. Keypad terhubung dengan Pin arduino dan LCD juga terhubung dengan Pin arduino. Ketika Keypad ditekan misalnya angka 1 maka informasi akan diteruskan ke arduino. Dan arduino akan memberikan informasi ke LCD dan akan menampilkan " tombol : 1". untuk proses pembacaan key mana yang ditekan dilakukan fungsi loop utama. Dimana setiap key sudah didefenisikan pada program.
a. Flowchart
b. Listing Program
// Include the Keypad library
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
5. KONDISI [Kembali]
Menggunakan keypad sebagai input dan LCD sebagai output, ketika key pada keypad ditekan maka LCD akan menampilkan output sesuai dengan key mana yang ditekan.
6. VIDEO RANGKAIAN [Kembali]






Tidak ada komentar:
Posting Komentar